Fungsi Pendidikan Sekolah Dan Media Sekolah
Menurut Dreeben, dalam lembaga pendidikan sekolah (pendidikan formi membaca, menulis, dan berhitung. Aspek lain yang dipelajari adalah aturan-aturan mengenai kemandirian (independence), prestasi (achievement) dan kekhasan (specficitv). Dilingkungan rumah anak mengharapkan bantuan dan orang tuanya dalam melaksanakan berbagai pekerjaan tetapi di sekolah sebagian besar tugas sekolah harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab
Fungsi pendidikan sekolah sebagai media sosialisasi, antrara lain adalah:
a.) Mengembangkan potensi anak untuk mengenal kemampuan dan bakatnva:
b.) Melestarikan kebudayaan dengan cara mewariskannya dan generasi satu ke generasi yang
berikutnya;
c.) Merangsang partisipasi demokrasi melalui pengajaan ketrampilan berbiara dan mengemhangkan kemampuan berpikir secara rasional dan bebas
d.) Memperkaya kehidupan dengan menciptakan cakrawala intelektual dan cita rasa keindahan
kepada para siswa serta meningkatkan kemampuan menyesuaikan din melalui bimbingan dan
penyuluhan:
e.) Meningkatkan tarafkesehatan melalui pendidikan olahraga dan kesehatan:
f.) Menciptakan warga negara yang mencintai tanah air, menunjang integritas antarsuku dan -
antarbudaya:
g.) Mengadakan hiburan umum (pertandingan olahraga atau pertunjukan kesenian)
Keberhasilan orang tua dalam menunjang motivasi dan keberhasilan studi terletak pada eratnva hubungan antara orang tua dan sekolah. Guru sebagai wakil orang tua tidak hanya bertugas
memberikan pengajaran, tetapi juga membimbing peserta didik. Anak dituntut untuk dapat menetapkan pilihannya sendiri sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
(Sumber : Sosiologi SMA/MA, Hal : 8, Penerbit : Media Karya Putra, Penulis : Tim New Master)
Komentar
Posting Komentar