Fungsi Ekologis Hutan

Fungsi Ekologis Hutan |  fungsi-fungsi hutan | Hutan fungsi ekologisnya ???.. hutan sebagai fungsi ekologis karena  ??.. | Hutan sangat penting bagi seluruh umat manuia dan bumi karna hutan memiliki fungsi yang sangat vital bagi manusia dan bumi, fungsi hutan yang umum adalah sebagai sumber paru-paru manusia dan bumi dan sebagai pendaur ulang seluruh karbon dioksida dibumi ini maka dengan itu fungsi hutan sangat banyak dan bernilai serta hutan juga memiliki fungsi-fungsi ekologis yang arti ekologis adalah hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya dan arti dari fungsi ekologis hutan maksudnya fungsi hutan dengan lingkungan-lingkungan sekitarnya atau peran hutan dengan lingkungan sekitarnya seperti manusia, udara, tanah angin, laut, danau, hewan, serta tanah dan lain-lain.  dan Hutan kita tergolong hutan hujan tropik. Ciri utamanya adalah memiliki keanekaragaman tumbuhan dan hewan tinggi. Beberapa hewan hanya ada di Indonesia dan tidak terdapat di negara lain, misalnya cenderawasih, anoa, orang utan, komodo, badak bercula dua. Hutan memiliki fungsi ekologis yang penting, misalnya: 


 Fungsi-Fungsi Ekologis Hutan 

Fungsi ekologis Hutan
(Hutan)
Fungsi-Fungsi Ekologis Hutan Sebagai berikut....
1. pengatur suhu lingkungan
2. pengatur kelembapan
3. pengatur cadangan air
4. tempat berlindung dan berbiaknya berbagai satwa liar
5. penyedia oksigen dan produser bagi kehidupan kita

6. menghambat angin
7. mencegah erosi
8. penghasil buah dan kayu sehingga mendatangkan devisa negara
9. sebagai paru-paru bumi
Hutan hujan tropik berperan sebagai paru-paru bumi dan mempengaruhi iklim global. Jika hutan rusak, maka kadar CO2 di bumi meningkat sehingga suhu bumi semakin panas. Akibatnya terjadi perubahan iklim global, badai topan, banjir dan bencana alam.

Skema Ekologis Hutan 

Fungsi-Fungsi : Sekilas Penjelasan tentang Fungsi-Fungsi Ekologis hutan dan Pentingnya hutan, Lihat berbagai macam fungsi-fungsi belajar dan bermanfaat Disini, semoga bermanfaat
(Sumber : Sains Biologi, Hal : 199, Penerbit : Erlangga, Penulis : Istamar Syamsuri.dkk, Percetakan : PT. Gelora Aksara Pratama)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Termometer Zat padat

Fungsi Surat Lamaran Kerja