Fungsi Hati Sebagai Alat Ekskresi


Fungsi-Fungsi Hati | Fungsi hati sebagai alat ekskresi  | Fungsi Hati sebagai alat Kelenjar pencernaan | Pengertian Hati sebagai alat ekskresi, arti hati adalah ???| Hati sebagai alat ekskresi |  Hati sangat berperan bagi manusia dan sangat penting. Karena hati memilki fungsi-fungsi yang sangat penting karna saking pentingnya hati organ hati termasuk organ yang sangat dijaga selain jantung, ginjal, paru-paru usus, pengertian luas hati adalah sebagai penghasil empedu, Apakah empedu itu ??...  untuk itu akan dibahas seperti dibawah ini terutama fungsi-fungsi hati sebagai alat ekskresi

Pengertian Hati dan Fungsi-Fungsi Hati
(Hati )


Hati (hepar) terletak di rongga perut sebelah kanan, tepat di bawah rongga dada atau diafragma. Organ ini merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh manusia dengan berat kira-kira dua kilogram pada orang dewasa.
 Hati mengeluarkan getah empedu atau bilus melalui pembuluh hepatikus untuk disimpan dalam kandung empedu. Getah empedu mengandung garam empedu (natrium glikokolat taurokolat) dan zat warna empedu (bilirubin). Hepar sebagai kelenjar pencernaan mengeluarkan getah empedu yang mengandung garam-garam empedu ke dalam usus dua belas  jari (duodenum) untuk mencerna lemak. Selain itu, hepar juga berfungsi sebagai alat ekskresi dengan membentuk zat warna empedu dan hasil perombakan sel-sel darah merah dan membentuk urea.

Urea berasal dan penguraian amonia dan karbon dioksida. Amonia merupakan zat yang sangat beracun bagi tubuh kita. Amonia yang terkumpul di dalam tubuh dalam jumlah banyak akan berakibat fatal. Akan tetapi, hati mengubah ammonia menjadi urea yang tidak beracun bagi tubuh kita.
Di samping berperan sebagai alat ekskresi dan kelenjar pencennaan, hati juga berfungsi sebagai berikut.

1. Membunuh kuman dan menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh.
2. Mengatur kadar gula dalam darah dengan cara menyimpan kelebihan gula dalam bentuk glikogen,  atau Sebaliknya mengubah glikogen menjadi zat gula apabila kadar gula dalam darah menurun. Pengaturan kadar gula darah oleh hati menjadikan kadar gula dalam darah kita dapat terjaga lebih kurang 0,1%, baik setelah makan maupun pada waktu puasa.
3. Tempat pembentukan provitamin Amenjadi vitamin A. Provitamin A berasal dan buah-buahan yang berwarna merah kekuning-kuningan. kerongkongan
4. Tempat pembentukan protrombin dan fibrinogen. Kedua zat ini berperan penting dalam proses pembekuan darah ketika tubuh terluka.
5. Menetralkan  obat dan racun
6. Pembentukan dan Pengeluaran cairan empedu
7.Sebagai tempat membongkar sel darah merah (eritrosit ) yang telah tua atau rusak. Hemoglobin dalam eritrosit dibongkar menjadi zat besi, globin dan hemin. Hemin diurai menjadi bilirubin dan biliverdin

Sekilas tentang Fungsi-Fungsi hati sebagai alat ekskresi, apa itu empedu ?....Pengertian Hati sebagai alat eksresi ??...  lihat berbagai macam fungsi-fungsi belajar dan bermanfaat Disini, Semoga Bermanfaat
(Sumber : Sains Biologi, Hal : 85, Penerbit : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2004, Sunarto et al. ; editing, Rr. Yani Muhamorah R, : Illustrator, Sartana- Solo)
(Sumber : Buku Ajar Biologi, Hal : 34, Penerbit : Citra Pustaka, Penulis : Ikhsan Hanafi, S.pd, Surakarta)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Termometer Zat padat

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Fungsi Ekologis Hutan