Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Termometer Optis

Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Termometer Optis | Macam-Macam Termometer Optis dan Fungsi-fungsinya | Fungsi-Fungsi Termometer Optis serta Prinsip Kerja Termometer Optis | Fungsi-Fungsi Termometer Optis adalah ???.... Termometer adalah Alat yang digunakan untuk mengukur suhu naiknya suhu dan turunnya  , termometer pada umumnya menggunakan pipa kaca dan berisi zat cair misalnya raksa atau alkohol tetapi tidak semua termometer menggunakan pipa atau zat cair termometer Optis Contohnya termometer yang tampa menggunkan pipa dan zat cair, termometer Optis merupakan suatu alat yang digunakan untuk menunjukkan suhu dan cara kerjanya sangat mudah dan terlihat modern. Termometer Optis terdiri atas dua macam atau terdiri 2 jenis yaitu
Jenis-Jenis termometer Optis
1. Pirometer
2. Termometer Inframerah 

Macam-macam termometer atau jenis-jenis termometer Optis memiliki fungsi-fungsi tersendiri dan cara kerja, prinsip kerja atau cara penggunaanya tersendiri oleh karna itu mari kita lihat Jenis, fungsi dan Cara Kerja Termometer Optis antara lain.... 

(Termometer Optis : Pirometer)
1. Pirometer 
         Intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda yang sangat panas yang termometer pirometer ini berfungsi  untuk menunjukkan suhu. Sifat termometrik ini  dimanfaatkan untuk mengukur suhu pada pirometer. 

       Cara Kerja Pirometer adalah bekerja dengan mengukur intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda yang sangat panas (misalnya, pada tingkat lebur baja). Pirometer dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi (kira-kira 500°C sampai 3000°C). 

      Cara menggunakan pirometer adalah dengan mengarahkan pirometer ke lubang tungku. Lalu , rheostat diputar sampai filamen lampu mulai menyala dan warna nyala filamen sama dengan warna tungku yang berisi logam yang sedang dilebur. Suhu tungku sesuai dengan suhu yang ditunjukkan oleh ammeter pada pirometer yang sudah dikalibrasikan ke dalam derajat celsius. 





2) Termometer inframerah 
(Termometer Optis : Termometer Inframerah)

      Termometer Inframerah berfungsi Untuk Mengetahui suhu benda dengan menyinarkan inframerah ke benda tersebut 


     Cara menggunakan termometer inframerah adalah dengan cara menekan tombol sampai menunjuk angka tertinggi sambil mengarahkan sinar inframerah ke sasaran yang dituju, seperti pada besi yang masih membara di pabrik pengolahan besi atau baja. Sinar yang diarahkan ke logam akan memantul dan pantulan tersebut direspons oleh sensor penerima hingga termometer inframerah menunjukkan angkanya.






Kesimpulan Termometer Optis terbagi dua yaitu 
 1. Pirometer berfungsi untuk menunjukkan suhu
2. Termometer Inframerah  berfungsi  untuk mengetahui suhu benda dengan menyinarkan inframerah 

Sekilas Penjelasan Termometer Optis tentang Jenis, Fungsi, cara kerja dan cara penggunaan termometer Optis, Fungsi-fungsi Termomter Optis , Fungsi Termometer Pirometer, Fungsi Termometer Inframerah, Cara Kerja Termometer Pirometer, termometer cara kerjanya adalah..???. | semua itu telah kami rangkum seperti materi diatas tentang jenis,fungsi, dan cara kerja termomter Optis, lihat berbagai macam Fungsi-fungsi belajar dan bermanfaat Disini,semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Termometer Zat padat

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Fungsi Ekologis Hutan