Pengertian, Bentuk dan Fungsi jaringan Jaringan Hewan pada Manusia

Pengertian, Bentuk dan Fungsi jaringan Jaringan Hewan pada Manusia | Jaringan Hewan dan Manusia | Berbagai jaringan pada tubuh hewan dan manusia  Apa itu Jaringan ???... Jaringan adalah Kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. mempunyai bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Di bawah ini akan dijelaskan bentuk dan fungsi jaringan pada manusia dan hewan, yaitu jaringan epitel, jaringan ikat atau ajringan penghubung, jaringan rangka atau jaringan tulang, jaringan darah, jaringan saraf, jaringan otot. Berikut Penjelasan dan fungsinya masing-masing.....


Macam-Macam Jaringan Pada Tubuh Hewan Dan Manusia dan Fungsinya Masing-masing
  Macam-Macam Jaringan Pada Tubuh Hewan Dan Manusia dan Fungsinya Masing-masing Sebagai berikut...

a. Jaringan Epitel
Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi berbagai rongga atau saluran tubith dan berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahinya Jaringan ini tersusun oleh sel-sel yang membentuk lapisan pipih.




b. Jaringan Ikat atau Jaringan Penghubung

Jaringan ikat atau jaringan penghubung terdiri atas serabut-serabut yang kuat dan lentur.  
Jaringan ini berfungsi   untuk pengikat dan penghubung antarjaringan









c. Jaringan Rangka atau Jaringan Tulang

Jaringan rangka atau jaringan tulang terdiri atas bahan-bahan yang mengeras. Fungsi utama jaringan ini adalah untuk menyokong, melindungi tubuh, dan menjadi alat gerak.





 

d. Jaringan Darah
Jaringan darah berbentuk cair dan mengandung sel-sel lepas. Jaringan darah berfungsi untuk mengedarkan oksigen, zat-zat makanan, dan hormon. Adapun jaringan darah yang terdiri atas sel-sel darah putih berfungsi untuk melindungi tubuh.







e. Jaringan Saraf
Jaringan saraf berbentuk anyaman yang tersusun oleh sel-sel saraf atau neuron dan berfungsi untuk mengkoordinasi dan meneruskan rangsang.





f. Jaringan Otot
Jaringan otot terdiri atas serat-serat yang panjang dan berfungsi sebagai alat gerak aktif. Jaringan otot dibedakan menjadi tiga, yaitu jaringan otot polos, jaringan otot lurik, dan jaringan otot jantung.



Itulah Pengertian, Bentuk dan Fungsi Jaringan Pada Tubuh Hewan dan Manusia,  Lihat fungsi-fungsi lainnya yang ada DISINI,    Semoga Bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Termometer Zat padat

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Fungsi Ekologis Hutan